50 SOAL
1. Apa saja bidang bidang informatika yang akan kalian
pelajari
A. (BK), (TIK), (SK), (JKI), (AD),
(AP), (DSI), dan (PLB).
B. (QW), (TIK), (SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).
C. (BK), (ER), (SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).
D. (BK), (TIK), (TY), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).
2. Saat membahas materi tentang berpikir komputasional,
analisis data, pemrograman, dan dampak sosial informatika, kalian akan mengasah
kemampuan
A. Bernalar kritis dan kreatif
B. Bermalas - malasan
C. Tidak Kreatif
D. Berfikir instan
3. Apa yang harus dilakukan Agar bekerja dalam kelompok
menjadi efisien, efektif, dan menghasilkan solusi yang baik?
A. Tentukan tujuan kelompok, lakukan pembagian peran
dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja,
merumuskan kesimpulan
B. Tentukan tujuan kelompok, tidak perlu dilakukan pembagian
peran dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil
kerja, merumuskan kesimpulan
C. Tentukan tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam
kelompok, kerjakan tugas masing-masing, tidak perlu diintegrasikan, merumuskan
kesimpulan
D. Tentukan tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam
kelompok, kerjakan tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, tidak
perlu kesimpulan
4. Bagaimana cara mengomunikasikan hasil kerja dengan baik
A. presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk
tampilan seperti infograis.
B. presentasi yang tidak sesuai dan demo produk atau dalam
bentuk produk tampilan seperti infograis.
C. presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk
tampilan yang tidak sesuai seperti infograis.
D. presentasi dan demo produk atau tidak dalam bentuk produk
tampilan seperti infograis.
5. Dibawah ini menjelaskan apa itu info grafis, KECUALI
A. Infograis berisi informasi teks dan gambar atau grafik
B. Gambar dan teks sesuai
C. mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud
D. Gambar dan teks terlalu besara
6. Apa itu berpikir komputasioanal
A. Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk
menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, Tidak dikembangkan, dapat
dilakukan oleh computer
B. Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk
menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat
dilakukan oleh computer
C. Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk
menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, dikembangkan, Tidak dapat
dilakukan oleh computer
D. Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk
menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, instan, dikembangkan,
dilakukan oleh computer
7. Perancangan konten infograis perlu memperhatikan hal
berikut, KECUALI
A. Bertujuan untuk mengedukasi, himbauan, ajakan
B. Konten harus benar, masuk akal, dan jelas sumbernya
C. Bergantung pada siapa infografis ditujukan
D. Bertujuan untuk diri sendiri
8. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan
presentasi, KECUALI
A. Mempersiapkan bahan presentasi dengan baik dan menarik
B. Menyiapkan pointer
C. Menentukan gaya Bahasa sesuai audiens
D. Saat menjelaskan tidak perlu menggunakan alur logika
yang runtut
9. Cara
berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya jika di
kembangkan dapat dilakukan oleh computer disebut …
A. Berpikir komputasional
B. Berpikir
secara nalar
C. Berpikir
dengan awang awang
D. Berpikir
dengan sistematis
10. Di
bawah ini termasuk berpikir komputasional, kecuali …
A.
Representasi data
B.
Algoritma
C. Struktur
data
D.
Optimasi pengerjaan
11. Sebuah
bentuk atau struktur yang tetap, disebut …
A. Pola
B. Algoritma
C. Struktur
data
D. Optimasi
penjadwalan
12. Dalam kehidupan sehari-hari, kita perlu
mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari pukul 07.00-pukul 12.00,
kita sekolah. Setelah sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti,
misalnya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain bersama teman,
dan lainnya. Kita harus bisa memilih kegiatan mana saja
yang akan kita lakukan pada hari tertentu, kita juga perlu mengatur jadwal agar kegiatan-kegiatan tersebut
tidak bertabrakan waktunya. Uraian di atas termasuk konsep berpikir komputasional …
A.
Algoritma
B. Pola
C.
Optimasi penjadwalan
D.
Representasi data
13.
Struktur data adalah ….
A. Data
yang tersusun rapih bedasarkan alfabet
B. Data
yang di susun dalam bentuk sebuah daftar
C. Data
yang tersusun secara selang seling
D. Data
yang tersusun rapih bedasarkan banyak huruf
14. Di
bawah ini yang termasuk contoh struktur data, kecuali …
A. Daftar
belanja
B. Daftar
mainan
C. Daftar
absen siswa
D. Resep
masakan
15. Berikut
ini hal-hal yang perlu di siapkan saat presentasi adalah, kecuali …
A.
Menyiapkan bahan presentasi yang baik dan menarik
B. Menyiapkan
alat bantu seperti alat petunjuk atau pointer
C.
Memperhatikan siapa penyimak dan isi dari presentasi
D.
Pemilihan kata kunci
16. Di bawah ini, yang merupakan salah satu
ciri Profil Pelajar Pancasila adalah…
A. Egois
B. Sombong
C. Berkebhinekaan global
D. Malas beribadah
17. Informasi
teks dan gambar atau grafis lain yang memudahkan pembaca menangkap pesan yang
dimaksud, disebut?
A. Penutup
B. Ringkasan
C. Paparan Utama
D. Infografis
18. Dibawah
ini adalah ciri-ciri profil pelajar Pancasila,kecuali…
A. Mandiri
B. Kreatif
C.
Bergotong royong
D.
Berpikir komputasional
19.
Apakah belajar informatika harus memakai komputer?
A. Tidak
B. Ya
C. Tidak tau
D. Tidak karna belajar informatika
harus pakai computer
20. Apa yang akan Dipelajari dalam
Mata Pelajaran Informatika?
A. Aspek teoretis dan praktis,
mendorong
B. Tahapan presentasi
C. Keterampilan generic
D. Semua benar
21. Bidang-bidang pengetahuan
informatika dikelompokan menjadi?
A. TIK, AP, DSI
B. BK, TIK, SK , JKI, AD, AP, DSI, PLB
C. BK, TIK, AP, DSI, PLB
D. Semua benar
22. Dalam Bahasa inggris berfikir
komputasional adalah(BK)
A. Computational Thinking
B. Social Impact of Informatics
C. Computing Practices
D. Information and Communication
Technology
23. Apa Itu Berpikir Komputasional?
A. Metode berpikir dengan Teknik ilmu
komputer
B. Metode menyelesaikan pekerjaan
dengan cepat
C. Metode menyelesaikan persoalan
dengan menerapkan Teknik ilmu computer
D. Semua benar
24. Apakah pengaturan jadwal dalam
kesehari hari penting? Dan mengapa
A. penting karena agar kegiatan yang
kita lakukan tidak bertabrakan
B. tidak karna tanpa jadwa kita bisa
melakukan kegiatan dengan baik
C. penting karna agar kita terlihat
rapi
D. tidak karna kita tidak perlu jadwal
untuk sebuah kegiatan
25. apakah struktur data berguna dalam kehidupan sehari hari?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak terlalu
D. Tidak butuh sama sekali
26. Contoh struktur Data dalam
kehidupan sehari hari adalah?
A. Daftar belanja
B. Daftar karyawan di sebuah kantor
C. daftar siswa dalam sebuah kelas.
D. semua benar
27. Dibawah ini yg termasuk dalam
membuat presentasi dari segi tampilan adalah
A. Ringkasan
B. Presentasi
C. Seimbang antara teks dan
gambar/ilustrasi
D. Paparan utama
28. Yang tidak termasuk dalam membuat
presentasi dari segi konten adalah
A. Latar belakang
B. Paparan utama
C. Kesimpulan
D. Pemanasan
29. Pengertian informatika
A. disiplin ilmu komputer yaitu data
maupun informasi pada mesin yang berbasis komputasi.
B. tidak disiplin ilmu komputer yaitu
data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.
C. data maupun informasi pada mesin
berbasis informatika.
D. disiplin ilmu informatika.
30. Jawaban yang salah dari tujuan
infografis dibawah ini adalah adalah ?
A. Himbauan
B. susah dipahami
C. mengedukasi
D. mengajak
31. Tujuan belajar informatika yang
benar adalah?
A. Agar mengerti cara membetulkan
mobil
B. Agar mengerti cara membuat rendang
C. Agar mengerti cara bermain game di
tv
D. Agar bisa memahami cara kerja
komputer dan system digital berbasis computer
32. Bidang ilmu informatika
mempelajari…
A. Ilmu hitam
B. Ilmu agama
C. Ilmu komputer
D. Ilmu masak
33. Memecahkan masalah agar menjadi
lebih kecil dan sampai ke pokok masalah hingga kita bisa menyelesaikan suatu
masalah tersebut adalah
A. Decomposing
B. ANBK
C. Algorithm
D. SBK
34. Dibawah ini, salah satu cara untuk mengomunikasikan hasil
kerja adalah
A. Siapkan bahan presentasi dengan baik
B. Menulis dengan jelas
C. Menyiapkan alat bantu pengukuran
D. Menjawab
dengan cepat
35. Bagaimana ciri
presentasi yang baik, kecuali?
A. Ukuran huruf cukup besar untuk
dapat dilihat oleh penyimaknya.
B. Seimbang antara teks dan
gambar/ilustrasi.
C. Tulisan dibuat kecil dan rapat.
D. Jumlah lembar yang sesuai dengan
waktu yang disampaikan.
36. Tahapan proses kerja komputer yang benar adalah
A. Input – Process – Output
B. Output – Process – Input
C. Input – Output – Process
D. Process – Input – Output
37. Tombol Capslock pada keyboard berfungsi untuk
A. memindahkan kursor
B. membuat paragraf
C. menutup program
D. mengunci pada huruf kapital
38. Tombol di keyboard yang berfungsi menghapus karakter
sebelah kanan kursor yaitu
A. Delete
B. Tab
C. Backspace
D. Shift
39. Komputer berasal dari kata bahasa Inggris yang artinya
a. To Compute
b. To Computar
c. To Computer
d. To Commuter
40. Komputer terdiri dari berbagai perangkat keras yang
meliputi, kecuali
a. keyboard
b. CPU
c. Mouse
d. Memory
41. Printer termasuk dalam kelompok
a. input device
b. output device
c. Proses
d. storage device
42. Apa keuntungan bekerja dalam kelompok…
A. Membuat pekerjaan menjadi berantakan
B. Menghilangkan semangat kerja kelompok
C. Memperlambat pekerjaan
D. Dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat danmemupuk semangat
43. Informasi teks pada gambar atau grafis lain yang
memudahkan pembaca menangkap pesan yang dimaksud, disebut…
A. Penutup
B. Infografis
C. Ringkasan
D. Paparan utama
44. Belajar Informatika tidak harus menggunakan computer.
Tujuan penting belajar informatika adalah agar dapat memahami cara kerja
computer dan system digital berbasis computer. Kita dapat memahaminya dengan
berbagai cara, misalnya melalui permainan, simulasi, dan kegiatan-kegiatan
tanpa menggunakan computer yang dirancang oleh guru. Kegiatan semacam ini
sering disebut sebagai kegiatan yang bersifat…
A. Unplugged
B. Plugged
C. Plugin
D. Nonplugged
45. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat
membuat infografis, kecuali…
A. Memperbanyak teks dibanding grafik dan ilustrasi
B. Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenisnya
C. Pemilihan ilustrasi (grafik, gambar) yang sesuai
D. Pemilihan kata kunci
46. Yang diperlukan dalam bertindak setelah berpikir komputasional adalah…
A. Dilakukan secara tekun dan sabar
B. Dilakukan secara efektif dan efisien
C. Dilakukan secara efektif dan inovatif
D. dilakukan secara efektif dan kreatif
47. Salah satu hal menarik dari dunia computer adalah
permainan (game). Bermain game ada sisi positifnya. Misalnya, dalam beberapa
game, kalian bisa belajar strategi, belajar memahami bahasa asing, belajar
berkompetisi secara sehat, dan sebagainya. Hal yang penting diingat, kalian
perlu mengatur waktu bermain game agar tidak kecanduan. Dengan demikian, kalian
sekaligus belajar mengatur waktu. Adakah hubungan antara bermain games dan
informatika:
A. Ada
B. Sama sekali tidak ada
C. Hanya membuang waktu saja
D. Tidak ada
48. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam Bahasa
inggris informatics, computing, atau computer science. Apa itu informatika?
A. Ilmu yang mempelajari tentang sila sila Pancasila
B. Ilmu yang mempelajari tentang bidang studi,
perancangan dan pembuatan, dan system computer
C. Ilmu yang mempelajari tentang Bahasa dan komunitasnya
D. Ilmu yang mempelajari tentang alam sekitar
49. Apa yang harus dilakukan oleh
sebuah tim sebelum kerja kelompok?
A. Bermain
B. Makan Bersama
C. Perencanaan kerja
D. Jalan-jalan
50. Apa Tujuan infografis dibuat?
A. Mengedukasi
B. Hanya sekedar tambahan
C. ajakan
D. A dan C benar
Comments
Post a Comment