50 SOAL

 

1. Apa saja bidang bidang informatika yang akan kalian pelajari

A. (BK), (TIK), (SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).

B. (QW), (TIK), (SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).

C. (BK), (ER), (SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).

D. (BK), (TIK), (TY), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).

 

2. Saat membahas materi tentang berpikir komputasional, analisis data, pemrograman, dan dampak sosial informatika, kalian akan mengasah kemampuan

A. Bernalar kritis dan kreatif

B. Bermalas - malasan

C. Tidak Kreatif

D. Berfikir instan

 

3. Apa yang harus dilakukan Agar bekerja dalam kelompok menjadi efisien, efektif, dan menghasilkan solusi yang baik?

A. Tentukan tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, merumuskan kesimpulan

B. Tentukan tujuan kelompok, tidak perlu dilakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, merumuskan kesimpulan

C. Tentukan tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, tidak perlu diintegrasikan, merumuskan kesimpulan

D. Tentukan tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, tidak perlu kesimpulan

 

4. Bagaimana cara mengomunikasikan hasil kerja dengan baik

A. presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan seperti infograis.

B. presentasi yang tidak sesuai dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan seperti infograis.

C. presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan yang tidak sesuai seperti infograis.

D. presentasi dan demo produk atau tidak dalam bentuk produk tampilan seperti infograis.

 

 

 

 

 

5. Dibawah ini menjelaskan apa itu info grafis, KECUALI

A. Infograis berisi informasi teks dan gambar atau grafik

B. Gambar dan teks sesuai

C. mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud

D. Gambar dan teks terlalu besara

 

6. Apa itu berpikir komputasioanal

A. Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, Tidak dikembangkan, dapat dilakukan oleh computer

B. Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat dilakukan oleh computer

C. Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, dikembangkan, Tidak dapat dilakukan oleh computer

D. Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, instan, dikembangkan, dilakukan oleh computer

 

7. Perancangan konten infograis perlu memperhatikan hal berikut, KECUALI

A. Bertujuan untuk mengedukasi, himbauan, ajakan

B. Konten harus benar, masuk akal, dan jelas sumbernya

C. Bergantung pada siapa infografis ditujukan

D. Bertujuan untuk diri sendiri

 

8. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan presentasi, KECUALI

A. Mempersiapkan bahan presentasi dengan baik dan menarik

B. Menyiapkan pointer

C. Menentukan gaya Bahasa sesuai audiens

D. Saat menjelaskan tidak perlu menggunakan alur logika yang runtut

 

 

 

9. Cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya jika di kembangkan dapat dilakukan oleh computer disebut …

A. Berpikir komputasional

B. Berpikir secara nalar

C. Berpikir dengan awang awang

D. Berpikir dengan sistematis

 

10. Di bawah ini termasuk berpikir komputasional, kecuali …

A. Representasi data

B. Algoritma

C. Struktur data

D. Optimasi pengerjaan

 

11. Sebuah bentuk atau struktur yang tetap, disebut …

A. Pola

B. Algoritma

C. Struktur data

D. Optimasi penjadwalan

 

12. Dalam kehidupan sehari-hari, kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan.   Misalnya, dari pukul 07.00-pukul 12.00, kita sekolah. Setelah sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti, misalnya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain bersama teman, dan lainnya. Kita harus bisa memilih kegiatan mana saja yang akan kita lakukan pada hari tertentu, kita juga perlu mengatur jadwal agar kegiatan-kegiatan tersebut tidak bertabrakan waktunya. Uraian di atas termasuk konsep berpikir komputasional …

A. Algoritma

B. Pola

C. Optimasi penjadwalan

D. Representasi data

 

 

 

 

13. Struktur data adalah ….

A. Data yang tersusun rapih bedasarkan alfabet

B. Data yang di susun dalam bentuk sebuah daftar

C. Data yang tersusun secara selang seling

D. Data yang tersusun rapih bedasarkan banyak huruf

 

14. Di bawah ini yang termasuk contoh struktur data, kecuali …

A. Daftar belanja

B. Daftar mainan

C. Daftar absen siswa

D. Resep masakan

 

15. Berikut ini hal-hal yang perlu di siapkan saat presentasi adalah, kecuali …

A. Menyiapkan bahan presentasi yang baik dan menarik

B. Menyiapkan alat bantu seperti alat petunjuk atau pointer

C. Memperhatikan siapa penyimak dan isi dari presentasi

D. Pemilihan kata kunci

 

16. Di bawah ini, yang merupakan salah satu ciri Profil Pelajar Pancasila adalah…

A. Egois

B. Sombong

C. Berkebhinekaan global

D. Malas beribadah

 

17. Informasi teks dan gambar atau grafis lain yang memudahkan pembaca menangkap pesan yang dimaksud, disebut?
A. Penutup
B. Ringkasan
C. Paparan Utama
D. Infografis

 

 

 

18. Dibawah ini adalah ciri-ciri profil pelajar Pancasila,kecuali…

A. Mandiri

B. Kreatif

C. Bergotong royong

D. Berpikir komputasional

 

19. Apakah belajar informatika harus memakai komputer?

  A. Tidak
  B. Ya                                                                                                
  C. Tidak tau
  D. Tidak karna belajar informatika harus pakai computer

 

20. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

  A. Aspek teoretis dan praktis, mendorong
  B. Tahapan presentasi
  C. Keterampilan generic                                                                                      
  D. Semua benar

                                                                                                                                                                                     

21. Bidang-bidang pengetahuan informatika  dikelompokan menjadi?

A. TIK, AP, DSI
B. BK, TIK, SK , JKI, AD, AP, DSI, PLB
C. BK, TIK, AP, DSI, PLB                                                                        
D. Semua benar

22. Dalam Bahasa inggris  berfikir komputasional adalah(BK)

 A. Computational Thinking
 B. Social Impact of Informatics
 C. Computing Practices                                                                      
 D. Information and Communication Technology

 

23. Apa Itu Berpikir Komputasional?

  A. Metode berpikir dengan Teknik ilmu komputer
  B. Metode menyelesaikan pekerjaan dengan cepat
  C. Metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan Teknik ilmu computer                
  D. Semua benar
                                                                                                                                                                                      

24. Apakah pengaturan jadwal dalam kesehari hari penting? Dan mengapa

 A. penting karena agar kegiatan yang kita lakukan tidak bertabrakan
 B. tidak karna tanpa jadwa kita bisa melakukan kegiatan dengan baik
 C. penting karna agar kita terlihat rapi                                                                 
 D. tidak karna kita tidak perlu jadwal untuk sebuah kegiatan
 
25. apakah struktur data berguna dalam kehidupan sehari hari?
 

 A. Ya
 B. Tidak
 C. Tidak terlalu                                                                                                     
 D. Tidak butuh sama sekali

 

26. Contoh struktur Data dalam kehidupan sehari hari adalah?
 
A. Daftar belanja
B. Daftar karyawan di sebuah kantor
C. daftar siswa dalam sebuah kelas.                                                 
D. semua benar  

27. Dibawah ini yg termasuk dalam membuat presentasi dari segi tampilan adalah

A. Ringkasan

B. Presentasi

C. Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi

D. Paparan utama

 

28. Yang tidak termasuk dalam membuat presentasi dari segi konten adalah

A. Latar belakang

B. Paparan utama

C. Kesimpulan

D. Pemanasan

 

 

 

 

 

29. Pengertian informatika

A. disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin yang berbasis komputasi.

B. tidak disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

C. data maupun informasi pada mesin berbasis informatika.

D. disiplin ilmu informatika.

 

30. Jawaban yang salah dari tujuan infografis dibawah ini adalah adalah ?

A. Himbauan

B. susah dipahami

C. mengedukasi

D. mengajak

 

31. Tujuan belajar informatika yang benar adalah?

A. Agar mengerti cara membetulkan mobil 

B. Agar mengerti cara membuat rendang

C. Agar mengerti cara bermain game di tv

D. Agar bisa memahami cara kerja komputer dan system digital berbasis computer

 

32. Bidang ilmu informatika mempelajari…

A. Ilmu hitam

B. Ilmu agama

C. Ilmu komputer

D. Ilmu masak

 

33. Memecahkan masalah agar menjadi lebih kecil dan sampai ke pokok masalah hingga kita bisa menyelesaikan suatu masalah tersebut adalah

A. Decomposing

B. ANBK

C. Algorithm

D. SBK

 

34. Dibawah ini, salah satu cara untuk mengomunikasikan hasil kerja adalah

     A.  Siapkan bahan presentasi dengan baik

     B.  Menulis dengan jelas

     C.   Menyiapkan alat bantu pengukuran

     D. Menjawab dengan cepat

   

 35.  Bagaimana ciri presentasi yang baik, kecuali?

A. Ukuran huruf cukup besar untuk dapat dilihat oleh penyimaknya.

B. Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi.

C. Tulisan dibuat kecil dan rapat.

D. Jumlah lembar yang sesuai dengan waktu yang disampaikan.

 

36. Tahapan proses kerja komputer yang benar adalah

A. Input – Process – Output

B. Output – Process – Input

C. Input – Output – Process

D. Process – Input – Output

 

37. Tombol Capslock pada keyboard berfungsi untuk

A. memindahkan kursor

B. membuat paragraf

C. menutup program

D. mengunci pada huruf kapital

 

38. Tombol di keyboard yang berfungsi menghapus karakter sebelah kanan kursor yaitu

A. Delete

B. Tab

C. Backspace

D. Shift

 

 

39. Komputer berasal dari kata bahasa Inggris yang artinya

a. To Compute 
b. To Computar
c. To Computer
d. To Commuter

 

40.  Komputer terdiri dari berbagai perangkat keras yang meliputi, kecuali

a. keyboard
b. CPU
c. Mouse
d. Memory

 

41.  Printer termasuk dalam kelompok

a. input device

b. output device

c. Proses

d. storage device

 

42. Apa keuntungan bekerja dalam kelompok…

A. Membuat pekerjaan menjadi berantakan
B. Menghilangkan semangat kerja kelompok
C. Memperlambat pekerjaan
D. Dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat danmemupuk semangat

43. Informasi teks pada gambar atau grafis lain yang memudahkan pembaca menangkap pesan yang dimaksud, disebut…

A. Penutup
B. Infografis
C. Ringkasan
D. Paparan utama


 

 

 

44. Belajar Informatika tidak harus menggunakan computer. Tujuan penting belajar informatika adalah agar dapat memahami cara kerja computer dan system digital berbasis computer. Kita dapat memahaminya dengan berbagai cara, misalnya melalui permainan, simulasi, dan kegiatan-kegiatan tanpa menggunakan computer yang dirancang oleh guru. Kegiatan semacam ini sering disebut sebagai kegiatan yang bersifat…

A. Unplugged
B. Plugged
C. Plugin
D. Nonplugged


45. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat infografis, kecuali…

A. Memperbanyak teks dibanding grafik dan ilustrasi
B. Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenisnya
C. Pemilihan ilustrasi (grafik, gambar) yang sesuai
D. Pemilihan kata kunci


46. Yang diperlukan dalam bertindak setelah berpikir komputasional adalah…


A. Dilakukan secara tekun dan sabar
B. Dilakukan secara efektif dan efisien
C. Dilakukan secara efektif dan inovatif
D. dilakukan secara efektif dan kreatif

 

47. Salah satu hal menarik dari dunia computer adalah permainan (game). Bermain game ada sisi positifnya. Misalnya, dalam beberapa game, kalian bisa belajar strategi, belajar memahami bahasa asing, belajar berkompetisi secara sehat, dan sebagainya. Hal yang penting diingat, kalian perlu mengatur waktu bermain game agar tidak kecanduan. Dengan demikian, kalian sekaligus belajar mengatur waktu. Adakah hubungan antara bermain games dan informatika:

A. Ada

B. Sama sekali tidak ada

C. Hanya membuang waktu saja

D. Tidak ada

 

 

 

48. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam Bahasa inggris informatics, computing, atau computer science. Apa itu informatika?

A. Ilmu yang mempelajari tentang sila sila Pancasila

B. Ilmu yang mempelajari tentang bidang studi, perancangan dan pembuatan, dan system computer

C. Ilmu yang mempelajari tentang Bahasa dan komunitasnya

D. Ilmu yang mempelajari tentang alam sekitar

 

49. Apa yang harus dilakukan oleh sebuah tim sebelum kerja kelompok?

A. Bermain

B. Makan Bersama

C. Perencanaan kerja

D. Jalan-jalan

 

50. Apa Tujuan infografis dibuat?

A. Mengedukasi

B. Hanya sekedar tambahan

C. ajakan

D. A dan C benar

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN INFORMATIKA KELAS 8

Jawablah 10 pertanyaan di bawah ini! Posting jawabannya di blog pribadi kalian!